/ /* KEFIR dan KELUARGA KEFIR JOGJA: Membuat minuman probiotik - alternatif cara yang paling murah di dunia

Bahan baku Kefir - dari susu segar murni produksi Fakultas Peternakan UGM
Ingin menjadi agen? Ada penawaran menarik menanti ANDA
NEW COLOSTRUM ANTI AGING PROMO
Info 081327936367 pin BB 28D7DA24
Rek. BCA 4450667370 / Mandiri 1370004637787 a/n Djoko Hardoyo
A CUP OF KEFIR A DAY, KEEPS THE DOCTOR AWAY ... bye bye doc
........ Selamat tinggal dokter, hanya dengan segelas kefir sehari ........

atasi sakit gula - maag - impotensi dan lain-lain ... PROMO : Kefir Susu Kambing - Enak Lezat dan Tidak Prengus Rp 40.000 / 500 mlEnglish Version

Senin, 03 Mei 2010

Membuat minuman probiotik - alternatif cara yang paling murah di dunia

Bagaimana dengan membuat kefir sendiri? O, ternyata masih mahal juga susunya. Pertanyaan? Mau membuat minuman probiotik yang murah dengan media lain bisa? Media yang tidak mahal.

Baik, untuk menjawab pertanyaan itu, tidak ada salahnya untuk mencoba :

1. Coba susunya ditambah dengan santan
2. Atau ada cara ini yang paling murah, yaitu :

Siapkan nanas dan minuman probiotik yang banyak dijual di pasar, misalnya Yakult. Ambil nanas tadi kupas, buang kulitnya, kemudian di jus, 1 buah nanas dengan 1 liter air, tambahkan gula secukupnya (tidak usah terlalu manis). Rebus hingga matang, dan dinginkan. Sekarang campurkan dengan 1 botol Yakult. Oya, jangan lupa kasi susu sedikit untuk media hidupnya si mikroba Laktobasilus ini. Simpan dalam toples tertutup tapi udara masih bisa keluar, taruh ditempat bersih dan hangat, bebas dari sinar matahari. Tunggu 24 jam. Sudah siap dipanen. Saring. Dst. Pertanyaannya, kenapa nanas? Kenapa tidak air gula saja, atau buah-buahan lainnya? Boleh saja, silahkan bereksperiment sendiri.

3. Atau cara membuat kefir, seperti diuraikan di membuat kefir sendiri, tapi coba medianya diganti dengan media di no. 2 diatas, atau air gula saja. Ada juga yang diganti dengan kismis arab, bukan air gula. Atau air gula campurkan dengan 1 sendok kismis arab. Oya kurma boleh juga, ini berlogika dengan menambahkan buah-buahan atau lainnya, adalah menambahkan memperkaya mineral yang dibutuhkan tubuh kita, misalnya Kapur dan Magnesium. Maaf di ralat, masih ditambahkan susu sedikit, sebagai media pertumbuhan Lactobacilus.

5 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...wr...wb...
    Makasih ya...semoga bermanfa'at....dan Insya'Alloh saya akan coba bikin.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr.wb.
    sblmnya, penelitiannya sdh pernah dicoba belum ya?
    mohon balasannya. trimakasih

    BalasHapus
  3. Bagi yg kna gerd ga boleh mkn.santan loh

    BalasHapus
  4. Bagi yg kna gerd ga boleh mkn.santan loh

    BalasHapus
  5. Bantu jawab aja, nanas digunakan karena merupakan buah yg mengandung oligosakarida sebagai prebiotik (makanan bakterinya) jadi pas bakterinya udh di taroh di susu (medianya) dia dikasih makan sama nanas ini. Bisa digunakan buah lain seperti pisang dan apel yg kaya inulin

    BalasHapus