/ /* KEFIR dan KELUARGA KEFIR JOGJA: Air yang layak minum

Bahan baku Kefir - dari susu segar murni produksi Fakultas Peternakan UGM
Ingin menjadi agen? Ada penawaran menarik menanti ANDA
NEW COLOSTRUM ANTI AGING PROMO
Info 081327936367 pin BB 28D7DA24
Rek. BCA 4450667370 / Mandiri 1370004637787 a/n Djoko Hardoyo
A CUP OF KEFIR A DAY, KEEPS THE DOCTOR AWAY ... bye bye doc
........ Selamat tinggal dokter, hanya dengan segelas kefir sehari ........

atasi sakit gula - maag - impotensi dan lain-lain ... PROMO : Kefir Susu Kambing - Enak Lezat dan Tidak Prengus Rp 40.000 / 500 mlEnglish Version

Rabu, 01 Oktober 2008

Air yang layak minum

Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, khususnya air minum Tetapi ketersediaan air minum yang memenuhi syarat semakin sulit dipenuhi, terlebih lagi daerah-daerah resapan air yang telah dirubah menjadi pemukiman penduduk, limbah-limbah industri yang mencemari sungai-sungai, semakin mempersulit masyarakat untuk mendapatkan air yang layak untuk di minum.

Definisi air minum

Di dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, disebutkan bahwa air Minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum. 

Persyaratan air minum

Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, tetapi terdapat resiko kalau air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, tetapi banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara mendidihkan air. 

Jadi, air yang akan digunakan untuk air minum tidak bisa sembarang air, misalnya di rumah anda, sumber air berasal dari air tanah, yang diambil dengan menggunakan jetpump, meskipun secara kasat mata tampak jernih, tetapi belum tentu memenuhi syarat, karena kondisi lingkungan disekitarnya akan sangat menentukan kualitas air tersebut. Untuk memastikan apakah air tanah yang ada di rumah anda memenuhi syarat untuk di minum atau tidak, sebaiknya anda membawa sampel air tersebut ke laboratorium pengujian seperti Sucofindo, atau lab-lab swasta lain yang banyak menjual jasa untuk pemeriksaan air, tapi cek juga, apakah lab yang akan anda gunakan sudah terakreditasi atau belum. Ini untuk menjamin akurasi hasil pemeriksaan. Jika lab-nya sudah terakreditasi, maka validitas hasil pengujian tentunya lebih terpercaya.

Syarat air minum tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002.. Persyaratan kualitas air minum meliputi persyaratan bakteriologis, kimiawi, dan fisik. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung logam berat dan bakteri patogen seperti E. Coli.. Untuk lebih detil mengetahui rincian syarat air minum, anda dapat melihatnya dalam Kepmenkes tersebut. 



Syarat tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna

Artinya jika air yang akan anda gunakan memiliki bau, rasa atau warna, berarti air tersebut telah tercemar.



Syarat tidak mengandung logam berat

Ion logam berat dapat mendenaturasi protein, disamping itu logam berat dapat bereaksi dengan gugus fungsi lainnya dalam biomolekul. Karena sebagian akan tertimbun di berbagai organ terutama saluran cerna, hati dan ginjal, maka organ-organ inilah yang terutama dirusak



Syarat tidak mengandung bakteri patogen

Bakteri patogen yang tercantum dalam Kepmenkes yaitu Escherichia colli, Clostridium perfringens, Salmonella. Bakteri patogen tersebut dapat membentuk toksin (racun) setelah periode laten yang singkat yaitu beberpa jam, dapat menyebabkan muntaber

 Mesin Air siap minum yang saya gunakan, merk nya CCK Waktu saya beli dulu di tahun 2004 harganya Rp 2.000.000, sampai dengan tahun 2008 (catatan, tanggal sekarang sudah 8 tahun, masih jalan bagus) masih bagus dan mesin pun masih tetap halus bunyinya. Hanya pergantian berkala dari komponen-komponen filternya seperti filter sedimen 6 bulan sekali, filter karbon 2 tahun sekali, otaknya mesin ini adalah membran nya yang saya ganti tahun ke 4, mungkin sebentar lagi perlu di ganti yang baru. Sekarang Mesin merk CCK ini harganya Rp 1.300.000, saya jual Rp 1.500.000, ambil margin ... boleh ga ya ?



Memang kebutuhan air minum yang berkualitas dirasakan sangat mendesak, penting dan bahkan darurat, mengingat air minum yang tersedia di negeri ini baik yang disajikan oleh PDAM maupun oleh sumur-sumur di rumah tangga sangatlah jauh dari kualitas sehat. Bayangkan, bagaimana kita bisa merasa aman meminum atau menggunakan air tersebut untuk memasak nasi, sayuran, kue dll. yang akhirnya masuk perut, karena kita tahu mengandung seperti deterjen, pestisida, pencemaran dari limbah-limbah rumah tangga, kantor, rumah sakit, industri . Oleh karena itu kebutuhan akan alat namun berkualitas dalam menghasilkan air minum sehat, hal ini salah satunya dipenuhi oleh mesin RO atau mesin pembuat air minum sistem reverso osmosis yang bermerk CCK. Hebatnya lagi, barang yang berkualias tinggi ini, sekarang anda dapat peroleh dengan harga yang sangat terjangkau kantong anda.

Rp 3.000.000 ini harga pasar nya
Rp 1.500.000 ini kalau saya jual lagi, ambil margin, boleh ya ?

Spesifikasi nya :
- 3 buah pre filter karbon aktif granul, karbon aktif blok dan sedimen filter
- 1 buah membran kapasitas 200 liter per hari merk Filmtec buatan USA
- 1 buah post karbon
- optional atau bisa ditambahkan mengembalikan pH dengan bio ceramics
- optional menambahkan energy dengan bio energy booster
- booster pump merk CCK 24 Volt
- catu daya adaptor ke jala-jala PLN 40 watt 220 Volt 50 Hz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar