/ /* KEFIR dan KELUARGA KEFIR JOGJA: Membuat Kefir bening

Bahan baku Kefir - dari susu segar murni produksi Fakultas Peternakan UGM
Ingin menjadi agen? Ada penawaran menarik menanti ANDA
NEW COLOSTRUM ANTI AGING PROMO
Info 081327936367 pin BB 28D7DA24
Rek. BCA 4450667370 / Mandiri 1370004637787 a/n Djoko Hardoyo
A CUP OF KEFIR A DAY, KEEPS THE DOCTOR AWAY ... bye bye doc
........ Selamat tinggal dokter, hanya dengan segelas kefir sehari ........

atasi sakit gula - maag - impotensi dan lain-lain ... PROMO : Kefir Susu Kambing - Enak Lezat dan Tidak Prengus Rp 40.000 / 500 mlEnglish Version

Selasa, 19 Januari 2010

Membuat Kefir bening

Berikut ini saya akan mencontohkan membuat kefir bening, fermentasi biji kefir dengan susu bubuk skimmed (non fat milk).
Yang perlu diperhatikan untuk membuat kefir adalah semua alat yang digunakan harus dalam kondisi bersih, akan lebih baik disterilkan terlebih dahulu.
• Buat larutan susu.
Campurkan 1 liter air dengan bubuk susu. Takaran susu disesuaikan dengan petunjuk dalam kemasan susu yang anda gunakan. Aduk hingga rata
 

• Campurkan Biji Kefir.
Cukup satu sendok teh biji kefir untuk memfermentasikan 1 liter susu yang telah kita buat. Pengadukan dilakukan hanya dibagian atas saja (jangan diaduk rata untuk melarutkan biji kefir). Lebih banyak biji kefir yang difermentasikan akan menghasilkan kefir dengan jumlah mikroba lebih banyak.
 

• Siap untuk Fermentasi
Tutup media fermentasi dengan tidak terlalu rapat, atau ada lubang untuk keluaran gas yang dihasilkan pada saat fermentasi.
 

• Penyimpanan.
Simpan larutan susu dan biji kefir dalam tempat kering dengan suhu ruangang (sekitar 18-250 C). Lama proses fermentasi sekitar 18 hingga 24 Jam, bila lebih dari 24 jam kefir akan lebih masam dan kandungan alcohol akan lebih besar, tetapi tidak rusak (dalam artian masih bisa dikonsumsi).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar