/ /* KEFIR dan KELUARGA KEFIR JOGJA: Peralatan untuk membuat KEFIR sendiri

Bahan baku Kefir - dari susu segar murni produksi Fakultas Peternakan UGM
Ingin menjadi agen? Ada penawaran menarik menanti ANDA
NEW COLOSTRUM ANTI AGING PROMO
Info 081327936367 pin BB 28D7DA24
Rek. BCA 4450667370 / Mandiri 1370004637787 a/n Djoko Hardoyo
A CUP OF KEFIR A DAY, KEEPS THE DOCTOR AWAY ... bye bye doc
........ Selamat tinggal dokter, hanya dengan segelas kefir sehari ........

atasi sakit gula - maag - impotensi dan lain-lain ... PROMO : Kefir Susu Kambing - Enak Lezat dan Tidak Prengus Rp 40.000 / 500 mlEnglish Version

Minggu, 22 Mei 2011

Peralatan untuk membuat KEFIR sendiri



Peralatan ini syaratnya bukan terbuat dari logam yang mudah korosif atau berkarat, dan mudah didapatkan atau dibeli. Apa saja peralatan dalam membuat KEFIR ini? Silahkan disimak gambar-gambar berikut :

1. Media fermentasi. Contoh toples dari plastik


2. Saringan dan sendok. Saringan untuk memisahkan kefir dan bibitnya, sendok alat bantu untuk mempercepat proses penyaringan.





Kalau pakai saringan plastik kita membutuhkan sendok untuk mengaduk agar kefir bisa cepat lolos tersaring, tapi hati-hati jangan sampai melindas bibit kefirnya. Sedangkan kalau menggunakan saringan stainless steel, cukup digoyang2 saja, karena lobang2nya lebih lebar. Namun, dengan lobang2 yang lebih lebar ini, banyak calon bibit yang ikut lolos ikut kefirnya tersaring, sehingga bibit yang tertinggal lebih sedikit dibandingkan dengan yang menggunakan plastik. Oya sendok plastik itu namanya spatula.

3. Timbangan sebagai peralatan tambahan , digunakan untuk menimbang bibit kefir / biji kefir / kefir grain. Caranya cuci bibit kefir ini dengan air murni dan saring dengan saringan diatas untuk melepaskan dari pelengketan kefir cream yang melekat pada bibit kefir ini, kemudian tiriskan sampai airnya habis (hampir habis). Baru ditimbang.


Contoh diatas, menimbang bibit kefir seberat 500 gram, timbangannya di angeti, atau ditambah, menjadi 571 gram, korting.

4. Botol untuk pengemasan kefir atau menyimpan kefir.


5. Perlu menjaga kebersihan peralatan kerja dengan melakukan :
- pencucian yang bersih dan jangan lupa keringkan baik dengan lap bersih atau hair drier
- kalau perlu disterilkan, misalnya disemprot alkohol (etanol) 70 % food grade

- Perhatian : mencuci saringan, dicium baunya apakah masih berbau sabunnya, kalau masih maka harus dibilas lagi sampai hilang baunya, juga perlu diraba, kalau masih licin, cuci lagi dengan sabun, sampai peret ... bilas yang bersih. Ingat !!! kalau masih ada sabunnya bisa membunuh bibit kefir kita, selain itu kualitas kefir kita tidak bagus !!!

Apabila belum jelas, silahkan menghubungi kami di :
- 0815 6666 050 atau 0813 279 3636 7 atau flexi 0274 7407566
- GTALK / email jhardoyo@gmail.com
- Facebook kami
- YM di jhardoyo
- SKYPE di jhardoyo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar