/ /* KEFIR dan KELUARGA KEFIR JOGJA: Aplikasi klinis: Kolostrum Sapi Sebagai Modulator Sistem Imun

Bahan baku Kefir - dari susu segar murni produksi Fakultas Peternakan UGM
Ingin menjadi agen? Ada penawaran menarik menanti ANDA
NEW COLOSTRUM ANTI AGING PROMO
Info 081327936367 pin BB 28D7DA24
Rek. BCA 4450667370 / Mandiri 1370004637787 a/n Djoko Hardoyo
A CUP OF KEFIR A DAY, KEEPS THE DOCTOR AWAY ... bye bye doc
........ Selamat tinggal dokter, hanya dengan segelas kefir sehari ........

atasi sakit gula - maag - impotensi dan lain-lain ... PROMO : Kefir Susu Kambing - Enak Lezat dan Tidak Prengus Rp 40.000 / 500 mlEnglish Version

Selasa, 08 Januari 2013

Aplikasi klinis: Kolostrum Sapi Sebagai Modulator Sistem Imun

By Adi Kumbara in Komunitas Kefir Indonesia (Indonesian Kefir Society) (Files)

http://cancercure.ws/bovinecolost.htm
The American Journal Of Natural Medicine Maret 1998/Vol.5, No.2 pp.19-23

oleh Zoltan Rona, M.D.

Dalam dua tahun terakhir, praktisi kesehatan telah mendengar banyak tentang kolostrum sapi, suplemen makanan yang relatif baru dimaksudkan untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh individu sehat dan sakit kronis. Testimonial, laporan kasus, serta upaya pemasaran dari produsen suplemen beberapa distributor telah menghasilkan banyak hal menggembirakan tentang kolostrum.
Dalam 20 tahun terakhir juga telah ada publikasi lebih dari 2.000 makalah penelitian yang sangat mendukung baik tentang kolostrum dan komponennya.
Kolostrum adalah Makanan Pertama Kehidupan, Dr Daniel G. Clark, seperti yang dicetak di sampul belakang bukunya, menyatakan bahwa kolostrum sapi "membangun kembali sistem kekebalan tubuh, menghancurkan virus, bakteri, dan jamur, mempercepat penyembuhan semua jaringan tubuh, membantu menurunkan berat badan, membakar lemak, meningkatkan tulang dan massa otot, dan memperlambat dan bahkan membalikkan penuaan," Menurut Clark dan naturopathic terkenal dokter Dr Bernard Jensen, "kolostrum memainkan peran terapeutik dalam AIDS, kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit autoimun, alergi, herpes', bakteri, virus, dan parasit infeksi, radang gusi, pilek, flu, dan banyak lagi. Kolostrum memiliki antioksidan dan anti-inflamasi, dan memberikan banyak vitamin, mineral, enzim, dan asam amino.

Penemuan Kembali Kolostrum
Secara historis, dokter Ayurvedic di India telah menggunakan kolostrum sapi untuk terapi selama ribuan tahun. Di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, dokter konvensional menggunakan kolostgrum sebagai antibiotik sebelum mengenal obat sulfa dan penisilin. Pada awal 1950-an, kolostrum diresepkan secara luas untuk pengobatan rheumatoid arthritis. Pada tahun 1950, Dr Albert Sabin, pengembang vaksin polio, menemukan bahwa kolostrum mengandung antibodi terhadap polio dan direkomendasikan untuk anak-anak yang rentan terhadap serangan polio.   
    
Kolostrum sapi secara biologis bisa digunakan semua mamalia, termasuk manusia.

Apa itu Kolostrum? 
Kolostrum adalah sekresi susu mamalia yang baru melahirkan dalam waktu 24 sampai 48 jam pertama. Kolostrm memiliki sistem kekebalan tubuh dan faktor pertumbuhan serta nutrisi penting, tripsin, dan inhibitor protease yang melindungi bayi sapi dari kerusakan pada saluran gastrointestional (GI). Diperkirakan kolostrum memicu sedikitnya 50 proses pada bayi baru lahir.
Dari hasil analisis Laboratorium, faktor imun dan pertumbuhan dari kolostrum sapi identik dengan kolostrum manusia, namun secara signifikan lebih tinggi dalam versi sapi. Misalnya, kolostrum manusia mengandung 2% IgG (yang paling penting dari immuno-globulin), sedangkan kolostrum sapi mengandung 86% IgG.
Selain itu, kolostrum sapi mengandung hormon penghambat untuk mencegah kepekaan terhadap kekebalan tubuh ibunya sendiri itu. Studi menunjukkan bahwa semua spesies, termasuk manusia, dapat memanfaatkan sifat kekebalan kolostrum sapi, tanpa adanya reaksi alergi atau anafilaksis.
Pasokan kolostrum sangat terbatas karena kolostrum hanya tersedia untuk satu atau dua hari setelah melahirkan. Kebutuhan anak sapi yang baru lahir harus dipenuhi terlebih dahulu, dan hanya kolostrum berkualitas tinggi diambil dari sapi yang telah disertifikasi bebas dari antibiotik, pestisida, dan hormon sintetis. Kolostrum harus diproses pada suhu rendah sehingga faktor imun dan pertumbuhan biologis tetap layak.

Komponen  Utama Kolostrum
Komponen yang paling penting dari kolostrum pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori utama: faktor sistem kekebalan tubuh dan faktor pertumbuhan. Produsen obat telah mencoba untuk meniru (rekayasa genetik) beberapa komponen kolostrum, terutama interferon, gamma globulin, hormon pertumbuhan, IGF-1, dan inhibitor protease. Perusahaan bioteknologi saat ini menjual IGF-1 seharga $ 800 per botol 50 cc JOGJA KEFIR Rp 300.000 per 500 gram, Beberapa komponen kolostrum berikut merupakan "terobosan besar" bagi industri/nutraceutical farmasi :
Imunoglobulin (A, D, E, G, dan M) adalah faktor kekebalan yang paling melimpah dalam kolostrum. IgG menetralisir racun dan mikroba dalam sistem getah bening dan peredaran darah. IgM menghancurkan bakteri, sementara IgE dan IgD merupakan antivirus.
Laktoferin adalah antivirus, antibakteri, anti-inflamasi, zat pengikat besi dan protein dengan efek terapi pada kanker, HIV, virus cytomegalo, herpes, sindrom kelelahan kronis, Candida albicans, dan infeksi lainnya Laktoferin membantu menghilangkan bakteri dari besi yang mereka butuhkan untuk mereproduksi, dan juga melepaskan zat besi ke dalam sel-sel darah merah, meningkatkan oksigenasi jaringan. Laktoferin memodulasi pelepasan sitokin, dan reseptor yang telah ditemukan pada sel-sel kekebalan tubuh, termasuk limfosit, monocytcs, makrofag, dan platelet.
Proline-rich polipeptida (PRP) adalah hormon yang mengatur kelenjar timus, merangsang sistem kekebalan tubuh kurang aktif. Hal ini juga membantu mengatur penurunan sistem kekebalan yang terlalu aktif, seperti yang terlihat pada penyakit autoimun seperti multiple sclerosis (MS), rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, sindrom kelelahan kronis, dan alergi.
Faktor Pertumbuhan meliputi faktor pertumbuhan epitel (EGF), insulin-like growth factor-I dan II (IGF-1 dan IGF-II), pertumbuhan fibroblast growth factor (FGF), platelet-derived growth factor (PDGF), faktor pertumbuhan transformasi A & B (TGA dan B), dan hormon pertumbuhan (GH).
Ini semua membantu merangsang pertumbuhan sel dan jaringan dengan merangsang pembentukan DNA. Vversi Rekayasa genetika dari IGF-1 dan GH sekarang dipasarkan sebagai obat anti-penuaan dan AIDS. Zat-zat itu ditemukan secara alami dan dalam konsentrasi tinggi dalam kolostrum. Beberapa studi menunjukkan bahwa faktor pertumbuhan mampu meningkatkan produksi T-cell, mempercepat penyembuhan, menyeimbangkan kadar glukosa darah, mengurangi kebutuhan insulin, meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan otot dan tulang, dan meningkatkan metabolisme lemak untuk pembakaran.
Sebuah studi 1990 di The Journal of Medicine New Enqland menyimpulkan bahwa penggunaan GH mencegah penuaan. Dalam studinya, Dr Daniel Rudman merawat 26 orang berusia antara 61 dan 80 dengan GH. Pasien mengalami penurunan lemak tubuh secara keseluruhan (hingga 14%) dan peningkatan kepadatan tulang dan massa otot. Selain itu, kulit mereka lebih tebal dan lebih elastis. Rudman mengatakan perubahan itu setara dengan yang dikeluarkan selama 10 - sampai 20-tahun masa penuaan. Namun, Rudman memberikan GH melalui injeksi. Belum ada penelitian mengenai penggunaan melalui saluran pencernaan akan menghasilkan manfaat serupa.

Aplikasi Klinis 
Untuk orang dewasa, dokter biasanya meresepkan 1.000 sampai 2.000 dua kali sehari, dalam bentuk kolostrum yang dikemas kering, yang terbaik dikonsumsi pada waktu perut kosong dengan delapan sampai 12 ons air. Bagi mereka yang tidak menunjukkan respons klinis terhadap kolostrum, dosis aman bisa dua kali lipat atau bahkan tiga kali lipat yang diperlukan sampai hasil yang diinginkan diperoleh. Anak-anak juga dapat memakai kolostrum, namun secara proporsional memerlukan kolostrum lebih sedikit. Reaksi Herxheimer (terutama gejala mirip flu) bisa terjadi pada sampai dengan 40% dari kasus, namun biasanya ringan dan menghilang dengan suplementasi terus pada dosis yang sama.
Melalui ratusan tahun penggunaan dan lebih dari 1.000 studi klinis, kolostrum telah terbukti benar-benar aman, tanpa efek samping pada setiap tingkat konsumsi. Kondisi klinis berikut telah terdokumentasi dengan baik untuk merespon positif terhadap suplemen kolostrum:
Penyakit Viral
Komponen GI dari sistem kekebalan tubuh memproduksi sekitar 75% dari antibodi manusia, Kemampuan pasien AIDS/HIV untuk melawan penyakit menular yang parah terganggu, sebagian karena kerusakan usus dari peradangan kronis dan diare. Beberapa penelitian terbaru melaporkan peran kolostrum dalam pembalikan masalah kronis ini, yang berasal dari infeksi oportunistik seperti Candida albicans, cryptosporidia, rotavirus, herpes simpleks, strain patogen E.coli, dan infeksi flu usus. Kolostrum menangani semua patogen usus tanpa efek samping. Kolostrum terdiri dari berbagai faktor dengan aktivitas antivirus yang kuat, terutama immuno-globulins, laktoferin, dan sitokin.
Alergi dan Penyakit autoimun 
PRP dari kolostrum dapat bekerja sebagai zat pengatur dari kelenjar timus Ini telah terbukti mampu memperbaiki atau menghilangkan gejala-gejala dari kedua alergi dan penyakit autoimun (MS, rheumatoid arthritis, lupus, myasthenia gravis).. PRP menghambat kelebihan produksi limfosit dan T-sel dan mengurangi gejala utama dari alergi dan penyakit autoimun, nyeri, pembengkakan dan peradangan.
.Penyakit Jantung 
Terganggunya kekebalan menjadi penyebab aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular, Sebagai contoh, jenis klamidia telah berkaitan dengan pembentukan plak arteri di lebih dari 79% pasien dengan penyakit jantung. Suatu artikel pada New England Journal of Medicine mengindikasikan bahwa penyakit jantung adalah disebabkan sensitisasi terhadap antigen jantung. Kerusakan sistem kekebalan menyebabkan miokarditis, sehingga limfosit dan makrofag menjadi sel infiltrasi yang dominan. PRP memiliki peran dalam menanggulangi penyakit jantung, demikian juga pada alergi dan penyakit autoimun.
Selain itu, IGF-1 dan GH dalam kolostrum dapat menurunkan kolesterol LDL sambil meningkatkan konsentrasi kolesterol HDL.  Faktor pertumbuhan pada kolostrum meningkatkan perbaikan dan regenerasi otot jantung dan regenerasi pembuluh darah baru untuk sirkulasi koroner.
Kanker 
Buku Steven Rosenberg 1985, “Quiet Strides in The War of Cancer”, pertama kali mempopulerkan manfaat sitokin dalam pengobatan kanker. Sejak saat itu, sitokin yang sama ditemukan dalam kolostrum (interleukin 1, 6, 10, interferon G, dan limfokin) telah menjadi protokol yang paling diperhatikan dalam penelitian ilmiah untuk obat kanker.
Kolostrum lactalbumin dapat menyebabkan kematian selektif (apoptosis) sel kanker, tanpa mengganggu ¯jaringan sekitarnya yang bukan kanker. Laktoferin telah dilaporkan memiliki aktivitas anti-kanker yang sama.
Gabungan faktor kekebalan dan pertumbuhan dalam kolostrum dapat menghambat penyebaran sel kanker. Jika virus terlibat baik dalam inisiasi atau penyebaran kanker, kolostrum terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit.
Kolostrum lactalbumin menyebabkan kematian selektif (apoptosis) sel kanker, namun jaringan non-kanker sekitarnya tidak terpengaruh.

Diabetes 
Juvenile diabetes (Tipe I, tergantung insulin) diperkirakan hasil dari mekanisme autoimun, kemungkinan dipicu oleh reaksi alergi terhadap protein GAD yang ada  dalam susu sapi. Kolostrum mengandung beberapa faktor yang dapat mengimbangkan alergi terhadap GAD dan alergi lainnya.
IgE-1 pada kolostrum dapat mengikat baik insulin maupun IGF-1 pada semua sel. Percobaan pada manusia pada tahun 1990 melaporkan bahwa IGF-1 merangsang penggunaan glukosa, efektif mengobati hipoglikemia akut dan mengurangi ketergantungan diabetes Tipe II pada insulin.
Program penurunan berat badan 
Tubuh membutuhkan IGF-1 untuk memetabolisme lemak untuk energi melalui siklus Krebs, Dengan penuaan, kurang IGF-1 diproduksi dalam tubuh. Tingkat memadai berhubungan dengan peningkatan insiden diabetes tipe II dan kesulitan dalam menurunkan berat badan meskipun asupan nutrisi yang tepat dan olahraga yang memadai, Kolostrum menyediakan sumber yang baik dari IGF-1 sebagai terapi komplementer untuk sukses penurunan berat badan.
Athletic Stres 
Latihan lengkap dan kompetisi atletik dapat menekan sistem kekebalan tubuh secarfa sementara, mengurangi jumlah I-limfosit dan sel NK, Atlet karena itu lebih rentan terhadap infeksi, termasuk sindrom kelelahan kronis. Banyak faktor imun kolostrum dapat membantu secara signifikan mengurangi jumlah dan tingkat keparahan infeksi yang disebabkan oleh stres baik fisik dan emosional.
Leaky Gut Syndrome 
Salah satu manfaat utama dari kolostrum adalah meningkatkan efisiensi usus, karena meningkatnya kekebalan tubuh yang mengendalikan infeksi saliuran pencerfnaan. Faktor pertumbuhan pada kolostrum juga berperan dengan menjaga mukosa usus sehingga kedap racun. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan kolostrum untuk mengontrol diare kronis yang disebabkan oleh peradangan usus yang berkaitan dengan dysbiosis.
Penyembuhan sindrom usus bocor mengurangi beban beracun dan membantu menanggulangi alergi dan autoimun. Untuk individu yang sehat atau atlet dalam pelatihan, suplemen kolostrum meningkatkan efisiensi penyerapan usus terhadap asam amino dan bahan bakar karbohidrat, dan nutrisi lainnya untuk sel-sel otot dan jaringan vital dan organ lainnya. Dengan tujuan untuk meningkatkan energi pada orang sehat, digunakan juga suplemen kolostrum, karena kemampuannya untuk meningkatkan ketersediaan hara dan menanggulangi sindrom usus bocor
Penyembuhan Luka
Beberapa komponen kolostrum merangsang penyembuhan luka. Nukleotida, EGF, TGF., Dan IGF-1 merangsang pertumbuhan kulit dan perbaikan sel dengan tindakan langsung pada DNA dan RVA. Faktor-faktor pertumbuhan memfasilitasi penyembuhan jaringan yang rusak akibat bisul, trauma, luka bakar, operasi, atau penyakit inflamasi. Kolostrum mmiliki sifat khusus yang bermanfaat bagi kulit, otot, tulang rawan, tulang, dan sel cadangan. Kolostrum bubuk dapat. dioleskan ke gingivitis, gigi sensitif, borok aphthous, luka, lecet, dan luka bakar.

Pengendalian Kualitas
Kolostrum kualitas terbaik yang diproduksi secara organik dan bebas pestisida, herbisida, hormon anabolik seperti rBST, steroid, antibiotik, dan bahan kimia lainnya. Tidak semua produk kolostrum di pasar aktif secara biologis. Hal ini karena pengolahan yang tidak tepat melalui penggunaan suhu tinggi dan pasteurisasi atau pembentukan kolostrum menjadi tablet. Metode ini menggunakan tekanan tinggi dan menghasilkan panas, menghancurkan aktivitas biologis. Kolostrum dalam bentuk cair juga kurang ideal. Hal ini tidak terkonsentrasi seperti versi bubuk dari produk, harus disimpan didinginkan karena umur simpan pendek, dan harus menambahkan pengawet yang menghancurkan kemampuan biologisnya.

Catatan.
Mengolah kolostrum menjadi Kefir Kolostrum, merupakan cara untuk mengawetkan kolostrum secara alami. Disamping itu, fementasi dengan Kefir Grains akan meningkatkan kualitas kolostrum, dengan adanya sintesa yang berguna untuk membentuk vitamin dan zat bermanfaat lainnya.
Disamping itu, kolostrum juga akan menjadi zat porobiotik yang lebih menjamin penyempurnaan saluran pencernaan dan peningkatan meta-bolisme.

1 komentar:

  1. SELAMAT TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    BalasHapus